eGuards, Startup Penyedia Layanan Pengamanan on Demand

Founder: Fauzi Ishak
Industri: jasa keamanan on demand
Status pendanaan: tidak disebutkan
• Dengan eGuards, kamu bisa memilih tiga kategori jasa pengamanan yaitu pengamanan aset (residensial/ perumahan/ apartemen/ rumah pribadi), pengamanan acara atau kegiatan, serta pengamanan pribadi (pendampingan pengambilan uang tunai)
• Terdapat beberapa macam pilihan paket, mulai dari Rp150 ribu per jam hingga Rp1 juta untuk 24 jam.
• Sebelum bulan Mei dan Juni 2018, eGuards menargetkan sudah memiliki mitra terdaftar yang siap bertugas sebanyak 250 orang untuk pengamanan Lebaran.
________________________________________
Selama ini, Fauzi Ishak melihat adanya dua kebutuhan yang tidak terpenuhi di bidang jasa pengamanan:
• Dari sisi petugas pengamanan, ada beberapa petugas yang tak tersalurkan sesuai kompetensinya.
• Di sisi pengguna, mereka kerap kesulitan ketika mencari jasa pengamanan yang bisa dipesan sesuai kebutuhan.
Demi mempertemukan dua kebutuhan ini, pada tanggal 22 Januari 2018 kemarin Fauzi resmi meluncurkan aplikasi eGuards bagi pengguna Android. Dengan eGuards, pengguna bisa memesan layanan jasa pengamanan secara on demand untuk tiga kategori:
1. Pengamanan aset (residensial/ perumahan/ apartemen/ rumah pribadi).
2. Pengamanan acara atau kegiatan.
3. Pengamanan pribadi (pendampingan pengambilan uang tunai)

 

Dari sisi mitra, petugas keamanan yang menjadi mitra eGuards bisa mendapatkan penghasilan tambahan di luar jam kerjanya. Untuk tarifnya sendiri, Fauzi saat ini mematok harga sebesar Rp150 ribu per jam.
Namun pihaknya juga menyediakan pilihan paket yakni Rp500 ribu selama enam jam, Rp750 ribu untuk dua belas jam, dan Rp1 juta untuk 24 jam. Dari nominal yang dibayarkan oleh pengguna melalui bank transfer, eGuards akan mengambil komisi sebesar 25 persen. Sedangkan sisanya sebesar 75 persen menjadi hak mitra.
Fauzi menjelaskan, meski pihaknya membuka pendaftaran bagi siapa pun yang ingin bergabung dengan eGuards, mitra petugas keamanan yang akan disalurkan kepada pengguna harus sudah memiliki sertifikat.
Kalau ada yang belum punya sertifikat, kami arahkan agar dia mengurus persyaratan itu dulu. Karena kami murni hanya perusahaan teknologi.
Fauzi Ishak, CEO eGuards
Fauzi menambahkan, pengguna eGuards juga bisa memberikan reviewmengenai pelayanan yang diberikan mitra. Dari review tersebut, pihaknya bisa melakukan evaluasi jika ada mitra yang memberikan pelayanan tak sesuai dengan guideline eGuards. “Karena model bisnis kami C2C, sehingga mitra harus memiliki integritas,” tuturnya.
Adapun saat ini eGuards baru memiliki sekitar 125 pengguna dengan mitra yang sudah tervalidasi sebanyak 85 orang. Sebelum bulan Mei dan Juni 2018, eGuards menargetkan sudah memiliki mitra terdaftar yang siap bertugas sebanyak 250 orang untuk pengamanan Lebaran.
Sebagai informasi, selain eGuards ada juga platform lain yang menyediakan layanan serupa seperti mytra yang memiliki layanan mytra Guard. Platform ini merupakan hasil kolaborasi antara PT Astra Graphia Information Technology yang bekerja sama jasa pengamanan milik grup Astra, yaitu PT Sigap Prima Astrea.

Lihat sumber berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *